Thursday, July 28, 2016

Si Cantik dan Si Buruk Rupa

Si Cantik dan Si Buruk Rupa



Perjalanan cinta seseorang di dunia ini selalu menjadi tanda tanya, tanda tanya yang tidak pernah mendapatkan jawaban yang pasti. Hanya saja, ada beberapa hal yang seharusnya dimiliki semua orang, yaitu keyakinan untuk menemukan cinta yang terbaik. Jika kamu pernah mendengar cerita tentang si cantik dan si buruk rupa, apakah menurutmu itu adalah sebuah keadilan? Entahlah, tetapi cinta tidak pernah salah, dan tidak selamanya orang menilai seseorang dari apa yang terlihat. Cinta bisa melihat lebih jauh dan lebih dalam dari itu. Jika yang kamu maksud adalah cinta, maka buruk rupa bukan menjadi alasan untuk mempertanyakannya. Cinta tidak selamanya mempermasalahkan hal itu, terkadang cinta terjalin pada dua orang yang benar-benar berbeda. Selain si cantik dan si buruk rupa, ada juga si baik dan si jahat. Cinta itu sulit ditebak, cinta tidak bisa didikte sembarangan, meskipun penuh dengan tanda tanya, cinta selalu memiliki jawaban, meskipun tidak selamanya berupa kepastian.
Jika aku adalah seorang pria yang sangat buruk, apakah aku terlalu tidak pantas untuk bersama dia, wanita baik yang sangat cantik? Bagaimana jika aku adalah aku yang sebenarnya dan bukan sebuah perumpamaan. Aku jatuh hati pada seorang wanita yang cantik, seorang wanita yang tidak pernah mampu aku gambarkan, entah karena dia terlalu cantik, atau dia terlalu istimewa untuk aku umpamakan. Entah kenapa, seolah aku sulit berkaca. Dia tertutup rapi dengan hijabnya, sedangkan aku bagaimana? Tubuhku banyak goresan tinta dan jarum, aku terlihat sangat buruk dengan coretan menyakitkan di beberapa bagian tubuhku. Lantas, apakah aku salah jika aku jatuh hati dengan dia? dan apakah dia salah jika dia juga menerimaku? Entahlah, cinta itu selalu membuatku penuh dengan tanda tanya.


Banyak pria di luar sana yang bisa saja membuatnya jatuh hati, dan pasti lebih dariku. Itu yang selama ini tertanam di dalam hati dan pikiranku, jadi jika suatu saat si cantik tidak ditakdirkan dengan si buruk rupa, si buruk rupa sudah mempersiapkan hati dan jiwanya. Lalu bagaimana juga jika si cantik dan si buruk rupa ini bukanlah sebuah perumpamaan. Bagaimana jika ini adalah sebuah kisah yang nyata, dan aku adalah si buruk rupa. Entahlah, apakah cinta akan berpihak padaku lebih lama lagi. Seolah aku hanya berharap pada takdir dan keberuntungan untuk bisa terus bersamanya. Itu semua membuatku terkadang ragu, karena tidak akan selamanya takdir dan keberuntungan berpihak kepadaku. Dan jika saat itu tiba, saat takdir dan keberuntungan enggan memihak denganku, telah aku siapkan diriku untuk kehilangan si cantik. Aku menyiapkan saat itu, sejak saat ini.
Si cantik dan si buruk rupa yang selama ini menjadi legenda berakhir dengan bahagia. Tetapi itu mungkin akan berbeda jika terjadi di kisah yang nyata. Bahkan jika mungkin aku tidak memiliki rupa seburuk itu, aku bukanlah orang baik yang pantas bersanding dengan dia, wanita cantik yang baik. Entahlah, aku tidak tau apakah ini sebuah keberuntungan atau sebuah permainan Tuhan untuk memberikanku sebuah pelajaran. Hingga pada suatu saat nanti aku bisa menjadi aku yang lebih baik. Aku hanya bisa menjalani apa yang bisa aku jalani saat ini. Dalam kisah cinta yang tiada pasti, dan mungkin selamanya akan terus berada diambang ketidakpastian. Satu hal yang aku percaya, bahwa Tuhan itu ada, Tuhan menyiapkan sesuatu yang indah, jika aku mampu memerankan aku yang baik.
Meskipun si cantik dan si buruk rupa dalam kisah ini tidak dimulai dengan kisah cinta yang biasanya, tetapi tetap saja menjadi kisah cinta yang terlalu indah untuk di lupakan. Bahkan hingga saat ini, si cantik dan si buruk rupa menjalani cinta yang berbeda. Cinta yang mungkin tidak dirasakan oleh orang lain. Si cantik dan si buruk rupa kerap kali merasakan bagaimana rasanya melakukan perdebatan hebat, bagaimana rasa sakit satu sama lain. Walau begitu, entah ada kekuatan apa yang pada akhirnya membuat mereka sama-sama dingin dan kembali menghangat lagi. Si cantik dan si buruk rupa seolah memiliki kekuatan magis dalam kisah cinta mereka, hingga mereka bertahan hingga saat ini. Setelah jutaan kisah mereka lewati bersama, justru lebih banyak perdebatan dan juga pertengkaran. Hanya itu yang keromantisan yang terjadi antara si cantik dan si buruk rupa, tidak pernah ada bunga, coklat apalagi boneka mengisi kisah cinta mereka. Entahlah, apakah ini kisah cinta yang terlalu tidak wajar. Tetapi aku yang berperan sebagai si buruk rupa merasa bahwa ini indah, ini terlalu indah untuk dilupakan begitu saja.
Bagaimana jika kamu berperan menjadi aku yang buruk rupa dalam kisah ini, bagaimana juga jika kamu berperan sebagai dia yang cantik. Apakah kamu merasa bahwa ini kisah cinta yang wajar? Entah lah, jika si cantik dan si buruk rupa masih bisa bersama hingga saat ini karena suatu alasan. Aku yang berperan sebagai si buruk rupa selalu berharap agar alasan itu terus ada, hingga tidak akan ada kata perpisahan yang menyertai kisah si cantik dan si buruk rupa ini. Berbicara mengenai rintangan, sudah pasti kisah si cantik dan si buruk rupa ini mendapatkan banyak rintangan. Terlebih lagi mereka yang mempertanyakan alasan kenapa si cantik menerima si buruk rupa. Entah lah, cinta itu selalu memunculkan pertanyaan baru. Dan jika diberikan kesempatan, aku juga ingin bertanya. Apakah aku berada dalam kisah cinta yang membuat si cantik ada di posisi yang tidak adil? Apakah aku seburuk itu?


No comments:

Post a Comment