Friday, June 10, 2016

Tecnologi Percetakan di khartoum/sudan

Tecnologi Percetakan di khartoum/sudan


Pertama sekali penulis datang di sudan pada tahun 2001 , dalam hati saya kembali ke jaman saya kecil , karna seperti melihat Jakarta tahun 70/80 an ,,,, di mana-mana jalan berdebu bukan hijaunya pemandangan ,,, jadi boleh di katakan sejauh mata memandang di situ debu yg terlihat
saya dalm tulisan ini ingin mengupas sedikit pengalaman yang pernah saya alami beberapa tahun yang lalu (14 thn ) di mana sudan itu negara yg di embargo oleh AMERICA dengan itu sudan menjadi salah satu negara yg tertinggal dalam segala bidang termasuk DUNIA PERCETAKAN , saya sebagai seorang yg memang selain menjadi hobi juga sebagai mata pencarian ,,,, kenapa saya bilang mencetak itu hobi saya ? ,,,, karna dalam keseharian saya selalu bergelut dgn bahan cetak ,,, seperti UANG , KORAN , KTP ,SIM dll ,,,,, he he he he betul tidak ? bahkan dalam hidup kita sendiri tidak bisa di pisahkan dengan bahan atau hasil cetakan seperti ,akte kelahiran , akte nikah ,dll ,,, sampai kita matipun masih berhubungan dgn bahan cetak ,,,, sertipikat kematian , izin penguburan dll nah betul ngga ? ,,,,,, jadi manusia itu tidak bisa di pisahkan dgn bahan cetak , seperti saya tulis di atas ,,,,
untuk sekedar lebih jelas lagi bagai mana sudan untuk itu saya sajikan sebuah video mengneai sudan bisa anda liaha di bawah ini :








No comments:

Post a Comment